5 Keuntungan Mengedukasi Anak Mengenai Organisasi

Organisasi merupakan struktur tatanan yang berisikan sekelompok orang dengan ide pemikiran dan tujuan yang sama. Organisasi sendiri digunakan baik dalam lingkungan kerja maupun dalam lingkungan masyarakat. Bahkan organisasi sendiri diajarkan sejak dini melalui struktur organisasi kelas pada pelajar untuk mengetahui pentingnya keberadaan suatu organisasi dan cara kerjanya sehingga diterapkan dari kegiatan harian mereka.

Organisasi yang diajarkan dalam kegiatan keseharian pelajar merupakan struktur organisasi kelas. Dimana kegiatan ini memperjelas struktur tatanan dalam kegiatan berkelompok dalam kelas. Dengan adanya struktur organisasi kelas, kegiatan dalam lingkungan kelas dapat berjalan dengan baik. Adapun beberapa keuntungan diadakan struktur organisasi kelas dalam lingkungan pelajar yakni :

  1. Mengajarkan tanggung jawab sejak dini kepada anak
  2. Memperjelas tatanan kelompok dalam kelas dan mengajarkan tugas masing masing posisi dalam struktur organisasi kelas
  3. Mengajarkan leadership sedari dini untuk anak
  4. Mengajarkan kegiatan musyawarah bersama dalam mengambil keputusan
  5. Mengajarkan kehidupan terstruktur kepada anak

Keuntungan diatas didapatkan dari menggunakan struktur organisasi kelas sebagai salah satu media untuk membentuk kepribadian anak. Dengan pengenalan tersebut, anak akan mengerti tugas dan tanggung jawabnya ketika menjadi bagian dari struktur organisasi kelas. Adapun tatanan dalam struktur organisasi kelas yang sederhana adalah seperti ketua, sekretaris, bendahara, dan pembantu umum dalam kegiatan tersebut.

Pengajaran pertama dilakukan dengan memberikan arahan mengenai tugas dan pentingnya menjadi bagian struktur organisasi kelas. Pengajaran menjadi salah satu bagian dari struktur organisasi kelas juga penting agar anak mengerti dengan perannya. Sehingga ketika anak sudah besar kelak maka dia akan mengerti tanggung jawabnya dan tugasnya sebagai anggota bagian struktur organisasi kelas.

Dengan memberikan pengertian akan pentingnya adanya struktur organisasi kelas sedari dini, anak tidak akan kaget ketika berada di lingkungan pekerjaan ataupun sejenisnya yang terdapat struktur tatanan organisasi. Mereka akan menghormati tatanan tersebut dan menjadi pribadi yang bersikap baik serta tahu tempat mereka. Anak akan cenderung menerapkan struktur organisasi kelas dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan nantinya.

By hary