Siapa yang menyangka jika ternyata hasil pertanian cukup menguntungkan jika ditekuni sebagai suatu bisnis atau usaha. Banyak yang berpikir jika bertani atau bercocok tanam hanya bisa dilakukan di desa dengan lahan yang cukup luas. Namun ternyata, bertani dan bercocok tanam berbagai macam sayur bisa dilakukan siapa dan di mana saja.

 

Hasil dari bercocok tanam nyatanya cukup menguntungkan apalagi jika dipasarkan secara online dan bekerja sama dengan beberapa mitra yang mendukung petani online layaknya tanihub.com. Dengan adanya hubungan kerja sama tersebut akan lebih menguntungkan karena produk yang dijual lebih banyak dikenal. Lalu produk pertanian apa saja yang hasilnya menguntungkan dan cukup menarik untuk dicoba?

 

7 Tanaman Dengan Hasil Pertanian Yang Menguntungkan

1. Cabai

Tanaman yang hasil panennya cukup menguntungkan yakni cabai. Sebagai salah satu bahan makanan yang selalu dibutuhkan masyarakat Indonesia cabai menjadi tanaman yang tidak pernah sepi peminat, terlebih jika menjelang musim lebaran harga cabai selalu meningkat.

 

Pasalnya cabai tidak hanya digunakan untuk masakan rumahan namun juga rumah makan yang membutuhkan pasokan cabai tidak sedikit. Selain itu, cabai juga tumbuh dengan cepat, justru kendala besar yang cukup berpengaruh adalah cuaca buruk yang membuat cabai mudah busuk.

 

2. Terong

Hasil pertanian dari terong bisa dibilang cukup menguntungkan. Meskipun tidak semahal cabai, terong mempunyai pasar dan peminat yang banyak salah satunya yaitu lalapan pecel lele dan rumah makan seperti warteg.

 

Tanaman yang mengandung vitamin K, kalsium dan mineral ini juga memiliki masa panen yang cepat dari masa tanam yaitu sekitar 3 sampai 4 bulan. Selain itu, ia masih bisa dipanen hingga usia 6 bulan dengan durasi panen sampai 3 hari. Bagaimana cukup menguntungkan bukan?

 

3. Kangkung

Jenis tanaman yang hasilnya cukup memuaskan yaitu kangkung. Sayuran yang merakyat ini sudah menjadi bahan yang wajib ada di setiap hidangan sehingga cukup menjanjikan jika kangkung dijadikan sebagai usaha.

 

Cara menanam kangkung sangat mudah bahkan di tempat yang terbatas sekalipun. Gunakan baskom sebagai media tanam hidroponik dan tunggu hingga beberapa minggu sampai waktu panen tiba. Umumnya kangkung bisa dipanen ketika berusia 4 sampai 6 minggu saja.

 

4. Sawi

Sawi merupakan salah satu hasil pertanian yang hasilnya menguntungkan. Sejalan dengan beberapa tanaman sebelumnya, sawi juga menjadi bahan makanan yang cukup dicari tidak hanya untuk dikonsumsi pada rumah tangga namun juga sebagai pelengkap makanan lain seperti mie atau nasi goreng.

 

Tidak hanya menguntungkan, sawi juga salah satu jenis sayuran yang bisa tumbuh dengan cepat dan waktu panen yang singkat kurang dari satu bulan. Sehingga dalam setahun, Anda bisa berkali-kali panen dan keuntungan yang berkali-kali lipat.

 

5. Empon-empon

Tidak kalah dengan sayuran yang disebutkan sebelumnya, empon-empon atau rempah-rempah ini juga cukup menguntungkan apabila dibudidayakan. Jika dilihat, saat ini tanaman empon-empon cukup sulit ditemui sehingga bisa menjadi peluang yang cukup besar mengembangkannya sebagai bisnis.

 

Pasalnya tidak hanya sebagai bumbu dapur saja, namun empon-empon juga digunakan sebagai ramuan atau jamu yang dapat menjaga dan menyembuhkan penyakit. Jadi bisa dibilang pasar untuk empon-empon ini sangat luas.

 

Setelah menentukan hasil pertanian mana yang cukup menguntungkan ada baiknya untuk memilih pemasaran yang tepat. Anda dapat bekerja sama dengan menjadi mitra tanihub.com untuk mendapat keuntungan yang lebih besar.

 

By control