Xpander salah satu mobil keluaran terbaru yang jumlah peminatnya sangat banyak sekali. Mobil keluarga dengan desain yang nyaris sempurna ini menawarkan banyak keunggulan lain seperti desain exterior dan interior yang sangat memukau.

Namun ada banyak pembeli mobil ini masih kebingungan dalam mengganti ban serp, padahal dalam pembelian baru pasti disana lengkap sekali panduanya kecuali anda membeli bekas dan tidak mendapatkan buku panduan tata cara penggunaan mobil ini.

Xpander sendiri sama saja dengan type mobil lainya, dalam pembelian baru dan bekas anda akan mendapatkan ban serp dimana sudah jelas akan membuat anda merasa lebih nyaman bepergian jauh jika salah satu ban bocor dalam perjalanan anda.

Melepas dan memasang ban serp memang harus anda pahami sejak dini ini bagian dari kewajiban pengendara mobil selain kewajiban lain seperti dalam hal perawatan mesin misalkan selalu rutin ganti oli mobil dan pengecekan komponen lainya.

Artikel ini akan mencoba memberikan anda sedikit informasi bagi yang belum bisa membuka ban serp pada mobil xpander dan bagaiamana cara memasangnya dengan kondisi yang benar.

Dimana ini adalah pengalaman saya langsung yang akan saya bagikan kepada sahabat semua dimana beberapa bulan yang lalu sempat tour menggunakan xpander ke bekasi dari jogja dan kebetulan di perjalanan ban sudah tidak bersahabat mulai kempes karena bengkel ganti oli bekasi dan pompa ban sangat jauh maka terpaksa ganti dengan ban serp.

Cara melepas ban serep xpander

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah tentu saja buka terlebih dahulu pintu bagasi belakang kemudian buka mur ban serpnya dan ambil ban serp yang sudah ada.

Jangan lupa sebelum memasang pastikan juga kondisi ban serp dalam kondisi baik, karena pada beberapa mobil bekas yang dijual mungkin anda lupa ngecek kondisi ban serpnya dan bisa jadi anda diberikan ban serp yang gundul misalkan atau kempes.

Untuk anda ketahui lokasi baut yang mengikat ban serp pada mobil xpander ini terletak pada bagian bawah cover bagasi bagian belakang. Jika sudah anda cek dan kondisi ban masih oke, maka lanjutkan ke tahap kedua.

Kunci roda ini juga biasanya include dalam pembelian mobil bekas apalagi yang masih baru. Anda ambil kunci rodanya kemudian pegang dengan erat dan hati hati setelah itu lakukan langkah selanjutnya yakni membuka cover bagasi belakang dan membuka roda yang akan anda ganti.

Sebagai tambahan kunci roda ban serp mobil xpander letaknya sangat mudah sekali anda bisa temukan pada bagian dinding body belakang tepatnya sebelah kanan yang biasanya bersamaan dengan perlengkapan lain seperti dongkrak dan guntung, kemudian ada alat penderak juga ambil kunci roda saja yang anda butuhkan.

Kemudian langsung saja anda buka cover bagasi dimana nanti anda akan menemukan letak posisi mur baut ban dibawah karpet bagasi anda tepat letaknya pas pada bagian tengah bagian ujung bagasi.

Ok langkah berikutnya adalah tentu saja sekarang kalian bisa fungsikan kuncinya dimana sudah sampai pada proses pelepasan mur baut ban serpnya. Kalau sudah terlihat murnya langsung saja dilepas.

Jika sudah langkah demi langkah selesai, maka selanjutnya jangan ragu putar dengan arah berlawanan sama jarum jam secara perlahan atau ke kiri kalau mengencangkan ke kanan maka ban serp akan lepas dengan sendirinya.

Jangan lupa fungsikan bagian yang panjang pada kunci jika kondisi ban sudah mulai turun untuk mempermudah anda mencopotnya.

Tarik pengaitna dan turunkan ban serp secara perlahan lahan, sambil anda mungkin meminta bantuan kepada penumpang lainya untuk memegang supaya ban tidak terjatuh dan mengakibatkan bisa saja velgnya bengkok.

Nah mudah bukan cara membuka ban serp mobil xpander ini, kalau anda lihai hanya membutuhkan waktu 10 menit saja sudah terbuka.

Kemudian tidak kalah penting juga bagaimana cara memasanya kembali, ini mudah sekali kalian sudah memiliki perelengkapanya, maka sekarang waktunya memasang ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Ambil dongkrak dulu, kemudian dongkrak pada bagian depan atau belakang ban yang akan kalian ganti.

Jika sudah buka banya menggunakan kunci khusus pembuka ban, jika sudah lepaskan perlahan atau tarik. Setelah lepas singkirikan ke samping kalian dan ambil ban serpnya kemudian pasang sama saja alurnya ketika kalian melepas tadi.

Yang penting dalam proses ini adalah pastikan baut ban yang kalian pasang berada dalam posisi kencang jangan sampai kendor. Jangan lupa juga cek harga ganti oli terbaru yang mungkin kalian butuhkan juga.