Cara Mengatasi Bayi Kembung, Ketahui Sebab dan Gejalanya

Pada usia bayi proses pencernaan memang belum begitu bisa menerima benda benda aneh, dalam proses adaptasi ini kerap kejadian perut bayi kembung menjadi masalah yang akan sering anda temukan sebagai orang tua.

Dalam menghadapi bayi kembung intinya adalah anda jangan panik dulu, ketahui penyebab utama kenapa bayi anda bisa kembung kemudian dilain waktu jangan ulangi tindakan tersebut.

Pada kebanyakan bayi juga terkadang proses nenen yang durasinya sangat lama kemduian tidak lepas-lepas sebaiknya anda bisa kontrol hal ini karena sedotan pada puting yang berlebihan bisa menyebabkan masuknya angin ke bagian perut.

Kali ini kami akan coba berbagi beberapa metode atau cara mengatasi bayi kembung yang bisa anda lakukan di rumah atau diamana saja.

Biasanya bayi akan sering gelisah, kemudian dia juga bisa menangis karena kondisi ini dan tidak bisa tidur nyenyak.

  1. Mengurangi memberikan asupan susu formula

Usia bayi terkadang tidak hanya mereka diberikan ASI. Bisa jadi karena air susu ibunya tidak keluar atau karena sibuk kerja dan lain sebagainya.

Sebisa mungkin mulai sekarang kurangi susus forumula ini, lebih fokus pada pemberian asi saja.

  1. Mengatasi kembung pada bayi dengan cara menggosok perutnya

Ambil minyak telon secukupnya, kemudian posisikan bayi anda dengan posisi terlentang dan usap secara perlahan bagian perut bayi.

Sambil sesekali tekan dengan ringan ringan saja, jika belum berhasil maka lakukan metode tambahan yakni anda bisa mengangkat kedua bagian kaki kiri dan kanan bayi dengan bersamaan kemudian tekuk perlahan.

  1. Jangan terlalu sering di gendong

Sesekali anda harus memberikan ruang pada bayi untuk bisa selalu bergerak baik dalam posisi tertidur sekalipun.

Namun, dalam mengatasi perut kembung ini gerakan bayi sambil berdiri dan loncat loncat yang bisa anda pegang lebih baik.

Aktifitas fisik bayi juga sangat bisa memberikan bantuan dalam mengelurkan angin berlebihan pada perut mereka.

  • Mandikan bayi dengan air hangat

Ini juga bisa anda lakukan, karena kondisi bayi kembung ini sendiri sudah menjadi hal yang sangat umum semua bayi akan pasti mengalami kondisi ini, jadi bunda jangan terlalu panik.

Memandikan bayi dengan air hangat akan memberikan kondisi suhu tubuhnya lebih enak, kemudian diharapkan bisa mengeluarkan gas dengan cara alami.

  • Menepuk punggung bayi

Kondisi bayi kembung ini memang membuat kita sebagai orang tua kasihan sekali, bisa jadi dia menjadi rewel tiba tiba kalau jumlah gas yang masuk sangat berlebih.

Langkah lain yang bisa anda coba adalah lakukan penepukan secara perlahan pada bagian punggung bayi anda dengan menekuk telapak tangan.

Kemudian lihat raksinya, kalau sampai dia bersendawa maka ini sudah sangat bagus dalam mengeluarkan sisa gas yang berlebih pada bagian perut si bayi.

Cara cara lain juga bisa anda coba, seperti menggerakan kaki bayi mirip dengan gerakan mengayuh sepeda, atau memijat bayi ke bidan.

By control