Jenis Susu Formula Terbaik Untuk Anak

Setiap ibu ingin memberikan ASI terbaik kepada bayinya. Namun, beberapa ibu tidak dapat memberikan ASI dan harus memilih susu formula. Jangan memilih susu formula bayi hanya atas saran dari tetangga atau iklan.

Para ibu harus tahu cara memilih susu terbaik untuk anak mereka. Jadi, lanjutkan membaca penjelasan ini dan dapatkan tips memilih susu formula bayi. Dapatkan juga saran tentang jenis susu formula yang baik untuk bayi.

Apakah susu formula itu?

Susu formula adalah susu sapi yang diformulasikan sedemikian rupa sehingga kandunganya menyerupai ASI (walaupun tidak persis sama). Biasanya formula tersedia dalam bentuk bubuk.

Jenis susu formula bayi

Ada beberapa jenis susu formula yang beredar di pasaran. Jenis susu formula yang tersedia memiliki karakteristik yang berbeda terutama karena kandungan formulanya. Ibu mana pun yang ingin memberikan susu formula atau mengonsumsi susu harus memperhatikan jenisnya.

  1. Susu formula adaptasi

Formula bayi dengan jenis penyesuaian ini biasanya diberikan kepada bayi hingga usia 4 bulan. Formula yang terdapat dalam sufor ini telah disesuaikan dengan kondisi fisiologis bayi dari 0 hingga 4 bulan.

Jenis formula adaptasi ini sering dianggap sebagai formula yang baik untuk anak. Apakah karena formula khusus ini adalah formula bayi yang lebih dekat dengan ASI?

  1. Susu formula awal lengkap

Jenis susu formula selanjutnya adalah awal lengkap. Susu formula jenis ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibanding susu formula custom. Umumnya, formula jenis ini lebih murah daripada formula kustom. Pasalnya, pengolahan susu formula awal lebih murah.

  1. Susu Formulasi tingkat lanjut

Formula lanjutan adalah jenis susu formula lanjutan karena paling baik diberikan pada bayi di atas usia 6 bulan. Formula berbahan dasar susu ini telah menambahkan vitamin D dan zat besi yang dibutuhkan bayi di atas usia 6 bulan. Sufor jenis ini dapat digunakan pada anak sampai usia 1 tahun.

  1. Susu Formula prematur

Selain formula kandungan yang direncanakan secara bertahap berdasarkan usia, ada juga jenis susu formula yang dirancang untuk kondisi kelahiran prematur. Jenis formula ini disebut juga dengan formula prematur.

  1. Susu hipoalergenik

Terkadang seorang ibu tidak dapat memberikan ASI ke bayinya karena adanya masalah pencernaan dengan protein. Bayi yang mengidapnya harus memilih susu formula hipoalergenik.

Formula bayi hipoalergenik ini cocok untuk bayi dengan alergi protein. Jika anak Anda memiliki masalah alergi, lakukan pemeriksaan kesehatan hingga Anda bisa mendapatkan resep untuk penggunaan formula ini. Formula hipoalergenik hanya tersedia dengan resep dokter.

  1. Susu kedelai atau susu soya

Ada juga susu formula bayi yang terbuat dari tumbuhan yakni kedelai. Susu formula bayi ini biasa dikenal dengan susu kedelai. Anak-anak dengan alergi dan masalah pencernaan dengan laktosa dalam susu sapi bisa memilih susu kedelai.

Namun, sebelum memutuskan memilih formula berbahan dasar kedelai, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Ini karena pemberian susu kedelai tidak dianjurkan untuk bayi di bawah usia 6 bulan.

By control