Pernahkah Anda mendengar tentang kayu hitam? Ebony disebut juga ebony karena berasal dari pohon ebony di Sulawesi. Ebony adalah salah satu hutan terbaik dengan harga mahal.

Tak hanya itu, menara ebony setinggi 40 meter ini juga dikenal memiliki manfaat mulai dari kesehatan hingga urusan rumah tangga. Lalu, apa manfaat dari kayu ebony ini? Yuk, simak pembahasan Kania di bawah ini!

Kayu Hitam untuk Furnitur Berkualitas

Salah satu kegunaan utama kayu hitam adalah sebagai bahan dasar pembuatan furnitur. Ebony sering diolah menjadi berbagai produk furniture yang dibuat melalui kerajinan tangan dan pabrik. Jangan heran karena kayu hitam ini memiliki ciri yang kuat dan awet.

Jika Anda membutuhkan jepara furniture bisa kunjungi tautan tersebut. Disana hasil yang dikerjakan sangat baik dan bagus yang menjadi salah satu indonesia furniture terbaik dikelasnya.

Tak hanya itu, ebony kerap diburu untuk diolah menjadi furnitur langka dengan harga yang lebih murah, bagi para kolektor dan mereka yang menggemari furnitur berkualitas. Seringkali furniture atau furniture yang terbuat dari kayu hitam diburu untuk mendukung lambang status kekayaan, khususnya masyarakat Jepang.

Kayu Hitam sebagai Bahan Kerajinan Tangan

Selain furnitur mahal, kayu hitam juga sering digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan, seperti seni pahat, jam tangan, ukiran, hiasan dinding, alat musik, kipas angin, dan lainnya. Salah satu kayu hitam paling populer di Sulawesi adalah model miniatur kapal Pinisi gaya Bugis tradisional di Sulawesi.

Kerajinan tangan lain yang sering dibuat dari kayu ebony antara lain gantungan kunci, bingkai foto, asbak, toples kayu, dan lainnya. Khusus di Sulawesi Tengah, pemasaran kayu hitam cukup terkonsentrasi di sektor suvenir.

Manfaat Kayu Hitam untuk Kesehatan

Menurut beberapa sumber penelitian, daun pohon eboni yang merupakan sumber eboni mengandung flavonoid pentasiklik dan triterpenoid yang memiliki sifat antimikroba. Sedangkan orang kulit hitam terbukti memiliki aktivitas anti hiperglikemik. Meski masih memerlukan penelitian lebih mendalam, khasiat antihiperglikemik eboni dipercaya dapat menurunkan kadar glukosa dan gejala diabetes atau diabetes melitus.

Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan sifat anti kanker pada ekstrak kayu putih dengan sifat anti karsinogenik. Dengan adanya senyawa aktif seperti antioksidan pada kayu hitam, banyak aspek kesehatan yang dapat dipelajari lebih dalam, termasuk tekanan darah yang stabil, kinerja otak yang meningkat, dan membantu penyakit jantung.

Kayu Hitam sebagai Simbol Pelindung Tradisional

Kehadiran kayu hitam dari wilayah Sulawesi memunculkan legenda menarik tentang tradisi dan kepercayaan kuno. Ada tertulis bahwa kayu hitam memiliki warna hitam pekat karena dikaitkan dengan perang dalam Kisah Ramayana. Selama waktu ini, Hanuman membakar kota yang sangat sulit di Lanka dan mengubah pepohonan menjadi hitam.

Ada juga versi lain dari suku Muria yang berkaitan erat dengan sihir kayu hitam ini. Meski hanya mitos belaka, apalagi bagi masyarakat di era modern ini, masih ada yang percaya bahwa seks bisa menjadi pesona yang melindungi kayu hitam. Maka, tak heran jika ada orang yang menggunakan aksesoris pelindung ebony sebagai miliknya.

Nah, sekarang sudah tahu apa saja manfaat ebony, mulai dari rumah tangga hingga kesehatan? Keberadaan pohon ebony semakin mengikis sehingga dapat mengancam kelangsungan hidup para pekerja kayu ebony di Sulawesi. Oleh karena itu budidaya kayu hitam merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian alam Indonesia.

By ansyah