Kini hari Rabu dan seperti biasanya tim Gadgetren akan membahas berbagai masalah gadget berbasis gadget, baik software maupun hardware. Nanti kami akan mencoba mencari solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut.

Dalam kesempatan ini, penerbit mendapat pertanyaan dari Gadgeters tentang masalah smartphone atau ponsel Android lemot. Untuk informasi tentang gadget yang mencoba menyelesaikan masalah ini, silakan lihat solusi di bawah ini.

Pertanyaan:

Saudaraku kenapa ponsel Android saya sangat lambat?

Balasan:

Saat ini smartphone atau handphone dengan sistem operasi Android paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia termasuk Indonesia. Selain fitur-fitur menarik dan harga terjangkau, kebanyakan mereka juga merupakan pengembang smartphone atau ponsel Android dari Samsung, Huawei, OPPO, Vivo, Xiaomi, LG, Sony dan masih banyak lagi lainnya.

Tentunya walaupun smartphone Android yang kita miliki sudah canggih, mestinya lambat. Faktanya, banyak faktor yang bisa membuat ponsel Android melambat atau melambat.

Biasanya penyebab nomor satu smartphone atau ponsel Android berjalan lambat adalah penyimpanan internal atau microSD untuk menyimpan data yang hampir habis. Selain itu, ada terlalu banyak aplikasi yang berjalan untuk memori untuk ditangani dengan benar, menyebabkannya hang atau macet untuk sementara waktu.

Selain itu, memindahkan wallpaper dan memiliki terlalu banyak widget dapat membuat multitasking menghabiskan banyak RAM, jadi kedua faktor ini juga berdampak.

Menginstal banyak program pembersihan dan aplikasi antivirus akan memperburuk situasi dan memperlambat ponsel cerdas atau Android Anda. Tidak dapat disangkal bahwa kedua aplikasi terkadang diam-diam memindai virus, malware, cache, dan file sampah di latar belakang, menghabiskan prosesor dan memori dalam prosesnya.

Solusi untuk mengatasinya

Hapus data atau transfer ke komputer

Masalah yang paling umum terjadi pada ponsel atau smartphone Android yang lambat atau lambat adalah kapasitas penyimpanan internal dan kapasitas microSD tidak lagi mencukupi. Biasanya ditandai dengan peringatan “Out of Memory”.

Tentunya cara paling efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus data atau memindahkan data di penyimpanan internal atau microSD ke komputer. Jika Anda tidak memiliki cadangan atau ingin membuang data Anda, pertimbangkan untuk memindahkan data ke hard drive eksternal, komputer, atau penyimpanan cloud.

Kosongkan RAM dari menjalankan aplikasi

Terlalu banyak aplikasi dapat menyebabkan ponsel cerdas atau ponsel Android Anda berjalan lambat karena aplikasi ini menghabiskan kapasitas RAM saat dijalankan. Di smartphone Android masa kini, Anda bisa melihat sisa kapasitas RAM yang saat ini tidak digunakan.

Ketika kapasitas RAM habis maka Gadgeter harus bisa mengeluarkan aplikasinya agar kapasitas RAM kembali bebas. Paling mudah jika Gadgeter hanya perlu membuka menu “Baru saja digunakan” dan segera menutup aplikasi yang berjalan.

Hasilnya adalah RAM kembali dan memiliki banyak kapasitas yang tidak terpakai. Selain itu, Gadgeter dapat menggunakan alat smartphone bawaan atau aplikasi tambahan untuk membebaskan RAM dari aplikasi yang sedang berjalan.

Copot pemasangan aplikasi yang tidak perlu

Untuk gadget dengan ponsel cerdas yang memiliki memori rendah atau tanpa data yang tidak dapat dihapus lagi, mungkin yang terbaik adalah mencopot pemasangan aplikasi yang sebenarnya tidak digunakan. Selain itu, aplikasi cenderung suka mengonsumsi data sistem dan cache dalam jumlah besar, sehingga sangat perlu dihapus jika jarang digunakan.

Hapus widget yang tidak perlu

Widget adalah salah satu bagian yang membuat tampilan smartphone atau hp android kamu keren. Namun, dengan banyaknya widget di home screen, maka RAM yang digunakan pun bertambah. Untuk ini, ada baiknya Gadgeter dapat menghapus widget yang tidak perlu.

Gunakan 1 Antivirus atau Hapus

Pada PC atau laptop, software antivirus sangat berguna untuk mencegah virus menginfeksi kedua perangkat. Namun, jika smartphone atau ponsel Android tidak terlalu dibutuhkan karena lebih banyak malware yang beredar daripada virus, bisa dikatakan Gadgeter sebenarnya tidak perlu menggunakan program antivirus. Antivirus tidak hanya menggunakan banyak RAM, tetapi juga banyak berjalan di latar belakang.

Dapatkan info seputar gbwhatsapp & kinemaster pro secara detail pada tautan tersebut.