Sering digunakan sebagai material utama untuk bangunan tempat tinggal, furniture dan furniture, kayu merupakan salah satu material favorit masyarakat di seluruh dunia. Apalagi kayu hadir dalam berbagai jenis yang masing-masing memiliki tampilan dan kelebihan tersendiri.

Kami juga menyediakan jasa furniture jati, kami dari mebel jepara dengan kualitas pekerjaan terbaik. Yuk coba bisa Anda kunjungi juga tautan tersebut.

Dari sekian banyak jenis kayu, seperti agarwood dan mahoni, merbau merupakan material yang sering digunakan untuk kebutuhan rumah dan furniture. Nah, buat kamu yang pengen kayu merbau, sebelum menggunakannya simak dan cari tahu dulu tentang kayu merbau asal Kania berikut ini!

Asal Usul Kayu Merbau

Jenis merbau ini dibuat dari pohon merbau atau ipil milik anggota suku Fabaceae. Pohon merbau ini banyak tumbuh di daerah luar Jawa, seperti Sulawesi, Kalimantan, Papua dan Maluku. Pohon yang mempelopori pohon merbau ini bisa tumbuh hingga 50 meter.

Kayu merbau juga sering disebut kayu besi karena sifatnya yang keras, sehingga kayu merbau juga cocok untuk konstruksi rumah, jembatan dan truk bagasi.

Karakter Kayu Merbau dan Warna Teksturnya

Dari segi tekstur, kayu merbau memiliki karakter yang cenderung kasar dengan serat lurus melintang. Namun, ada juga kayu merbau yang teksturnya tidak beraturan. Dengan demikian, penggunaan kayu merbau bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Karakter warna kayu merbau adalah coklat kecoklatan, coklat kemerahan, sampai hitam kehitaman. Secara umum warna merbau mirip dengan kayu jati, sehingga sering dijadikan alternatif pengganti kayu jati.

Tingkat Kekerasan Kayu Merbau

Seperti yang telah disebutkan di atas, kayu merbau memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu kayu merbau tergolong kayu berat sehingga sangat cocok untuk berbagai keperluan, mulai dari bahan bangunan, bahan pembuatan kusen pintu dan jendela, bahan utama pembuatan lantai parket, hingga pembuatan tiang.

Tak hanya itu, banyak juga yang menggunakan kayu merbau sebagai bahan pembuatan furniture, seperti meja, kursi, rak TV, dan dekorasi ukiran dengan finishing mengkilap yang terlihat mahal.

Kayu Merbau Awet dan Tahan Lama

Karena kekerasan merbau, hal ini juga mempengaruhi keawetan bahan ini. Kayu merbau sangat tahan terhadap berbagai kondisi cuaca sehingga bahan tersebut dapat digunakan untuk membuat furniture outdoor khusus, seperti kursi teras atau meja teras.

Tidak hanya itu, kayu merbau juga memiliki keunggulan sifat rayap dan anti jamur sehingga penggunaannya lebih tahan lama. Jika kayu merbau diolah dengan teknik pengeringan maka potensi kerusakan dari kayu merbau akan lebih kecil karena dapat mengurangi kerusakan, seperti retak dan tidak mudah menyusut.

Harga Ekonomis Kayu Merbau

Alih-alih kayu jati, merbau dijual dengan harga yang lebih ekonomis sehingga cocok untuk kamu yang ingin bikin furniture klasik tapi tetap hemat bujet.

Padahal, harga murah ini akan memengaruhi anggaran yang Anda keluarkan untuk membuat furnitur atau rumah. Menariknya, ketersediaan kayu merbau cukup mudah ditemukan sehingga tidak perlu melakukan pre-order.

Kekurangan Kayu Merbau

Meskipun kayu merbau memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dan membuat produk menjadi lebih awet, namun sifat-sifatnya membuat proses merbau menjadi sulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba membuat furniture dengan bahan kayu merbau dengan tenaga ahli yang lebih berpengalaman untuk mengurangi kerusakan.

Sebagai alternatif kayu jati terbaik, kayu merbau memiliki beragam keunggulan terutama dari segi kekuatannya. Tertarik menggunakan kayu merbau?

Temukan beragam furnitur dan dekorasi yang terbuat dari kayu di Dekoruma! Dekoruma menjual rak kayu, lemari pakaian dan sofa. Dekorasi juga tersedia dalam berbagai variasi, seperti bingkai foto, lukisan dan kaca.