Rayap adalah keluarga serangga sosial. Struktur tubuhnya hampir seperti semut, dan lebah. koloni rayap ini memiliki pembagian kasta dan memiliki tugas yang  berbeda-beda. Namun jika ditinjau secara filogeni sebenarnya tidak ada hubungan antara semut dan rayap. Rayap ini memberikan dampak yang kurang baik untuk kehidupan manusia karena banyak memberikan kerugian seperti memakan perabotan rumah tangga atau propertie rumah tangga sehingga banyak orang yang membutuhkan jasa anti rayap seperti salah satunya anti rayap bekasi.

Rayap memiliki tiga kasta utama yang masing-masing akan memiliki tugas yang berbeda-beda. Jenis kasta tersebut yaitu, kasta pekerja, kasta prajurit, dan kasta reproduktif. Dan berikut ini adalah penjabaran tugas dari masing-masing kasta rayap tersebut:

Pertama yaitu Kasta Pekerja. Rayap kasta pekerja ini adalah rayap yang berukuran tubuh kecil serta memiliki populasi yang paling  banyak jika dibandingkan kasta rayap lainnya. Rayap pekerja ini memiliki tugas untuk mencari makan, memberi makan kepada rayap kasta lain, merawat dan membersihkan telur rayap, membersihkan tubuh rayap kasta lain, serta bertugas untuk membuat dan merawat sarang.

Selain tugas-tugas di atas, rayap pekerja juga memiliki tugas kanibalisme. Sesuai dengan asal katanya yaitu “kanibal” yang artinya pemakan sesama jadi Kanibalisme adalah memakan sesma jenis rayap, namun tidak semua rayap dimakan, yang dimakan adalah rayap-rayap yang sudah tidak lagi produktif, baik dari sesama kasta pekerja ataupun dari kasta lainnya. Rayap dari kasta pekerja inilah yang dapat menyebabkan kerusakan furniture kayu, perabotan kayu, atau bahkan plafon rumah.

Karta yang kedua adalah kasta prajurit. Rayap yang masuk dalam kasta prajurit memiliki ciri-ciri yaitu berupa ukuran kepala rayap yang besar dan juga tubuh yang kekar. Tugas dari rayap prajurit ini adalah untuk melindungi koloni rayap lain dari ancaman dan juga gangguan dari luar. Rayap dari kasta prajurit dapat melawan musuh menggunakan capit atau mandibel dengan cara yaitu menusuk, mengikis,  serta menjepit musuh dengan sangat kuat.

Selanjutnya kasta yang ketiga adalah kasta reproduktif. Sesuai dengan namanya yaitu reproduktif, rayap ini bertugas untuk terus menjaga populasinya yaitu dengan terus  bereproduksi untuk menghasilkan keturunan agar spesies rayap tidak punah. Selain itu  tugas rayap kasta reproduktif ini adalah menemukan tempat baru untuk para koloni serta  memberi makanan kepada spesies rayap yang baru lahir.

Setelah mengenal tipe-tipe kasta dari rayap di atas. Kini kita bisa membedakan dan mengetahui bahwa rayap yang merusak rumah, kantor, atau bangunan kita adalah si rayap pekerja. Dia memang memiliki tugas mencari makan untuk diberikan kepada saudara-saudaranya makanya tak heran jika rayap ini akan terus menggerogoti semua bahan kayu yang ada di rumah, kantor, atau bangunan kita. Bahkan dia juga akan makan tanah yang ada di bawah bangunan kita atau tanah di sekitar rumah kita. Hal ini sangat mengganggu dan memberikan dampak ekonomi yang cukup signifikan.

Jika hal ini terjadi atau rayap hidup di rumah kita atau kantor serta bangunan kita, kita dapat mengatasinya dengan melakukan pembasmian baik secara konvensional maupun secara profesional dengan menggunakan jasa anti rayap yang salah satunya adalah anti rayap bekasi. Anti rayap bekasi akan memberikan layanan pembasmian rayap dengan cara profesional, dengan banyak tenaga ahli, dan menggunakan bahan kimia yang ramah lingkungan, bergaransi serta dilengkapi dengan supervisor.