Penggunaan kayu tidak lepas dari kehidupan manusia. Beberapa manfaat kayu yang sering kita jumpai adalah bahan untuk membangun rumah dan gedung, peralatan rumah tangga, karya seni, kertas, dan lain sebagainya.

Pemilihan kayu yang digunakan untuk keperluan yang berbeda tentunya dilandasi oleh berbagai pertimbangan seperti kekuatan dan keawetan kayu, harga kayu, tekstur serat dan sifat kayu lainnya. Karena kayu yang dihasilkan setiap pohon memiliki sifat yang berbeda-beda.

Mengenal Kayu

Kayu adalah bagian batang tanaman yang mengeras melalui lignifikasi alami atau pengolahan kayu. Kayu tercipta dari akumulasi selulosa dan lignin di dinding sel berbagai jaringan di batang pohon.

Tanaman kayu muncul sekitar 400 juta tahun yang lalu dan telah digunakan oleh manusia selama ribuan tahun. Melalui kayu, kita juga dapat melihat kondisi iklim dan cuaca masa lalu dengan mengamati lingkaran pertumbuhan sebuah kayu.

Bagian Kayu

Kayu merupakan hasil hutan yang berbentuk batang pohon. Potongan kayu dapat diidentifikasi dengan memotong batang dari bagian atas pohon, antara lain empulur lunak, cincin pertumbuhan, kayu bertingkat, gubal, dan pohon atau kulit kayu bagian luar.

Di garpu ada pola khusus yang disebut “simpul”. Berikut penjelasan dari bagian kayu tersebut:

1. Empulur

Intinya adalah bagian batang pohon yang paling dalam. Bagian ini merupakan kain lembut yang agak kering dan terkadang berlubang kecil. Intinya terdiri dari sel parenkim dan merupakan bagian tengah dari batang tumbuhan berkayu.

Sel jaringan meduler aktif, disebut perimedular, biasanya terletak di luar dengan bentuk berbeda. Pada pepohonan (tumbuhan kayu) juga terdapat sisa-sisa empulur, yang disebut jari-jari empulur, yang muncul sebagai titik-titik pada penampang batang melalui kayu.

Jaringan empulur muda biasanya berwarna putih atau coklat muda dan berubah menjadi gelap saat tanaman telah matang.

2. Cincin Pertumbuhan

Cincin pertumbuhan adalah pola konsentris yang berbentuk lingkaran di sepanjang kayu. Cincin pada batang pohon terbentuk karena perbedaan musim di mana pohon itu tumbuh. Pohon tumbuh dengan cepat dan lambat selama periode waktu tertentu dan dengan demikian mempengaruhi diameter pohon.

Cincin tengah merupakan tahap awal dari sebuah pohon yang masih tumbuh cukup cepat sehingga kayu di tengahnya kurang rapat atau keras dibandingkan dengan lingkar luar.

3. Kayu Teras

Kayu teras adalah kayu yang sudah dibentuk, mati, dan tidak berkembang. Kayu teras atau kayu teras tidak memiliki kisi-kisi.

Meski dianggap mati, namun kayu di teras rumah tetap bereaksi terhadap organisme yang menyerang kayu tersebut. Bagian kayu ini tidak dianggap sebagai komponen utama kayu karena pohon sering tumbuh pada saat kayu busuk.

Kayu Lunak dan Kayu Keras

Setiap jenis kayu memiliki ciri khas tersendiri. Massa jenis atau massa jenis kayu menentukan kekuatan atau kekerasan suatu kayu.

Misalnya, kayu mahoni dan jati dengan kepadatan sedang hingga tinggi cocok untuk digunakan sebagai furnitur dan bahan bangunan.

Namun berbeda dengan kayu dadap dan kapuk atau randu dengan kepadatan rendah, sehingga hanya cocok untuk keperluan ringan seperti starting yang tidak membutuhkan kekuatan tinggi dan umur yang panjang.

Baca juga cara membuat briket dari serbuk kayu pada tautan tersebut. Selain itu jika butuh mesin bubut kayu bisa kunjungi juga tautannya.