Saya juga jual flange dan globe valve dengan harga murah? Dapatkan segera berkualitas terbaik, silahkan kunjungi tautan tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kayu selalu menjadi bahan yang paling populer dalam pembuatan furniture maupun dalam membangun rumah. Selain itu banyak juga jenis kayu yang memiliki khasiat tersendiri. Ini memungkinkan Anda untuk memilih jenis kayu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Ada jenis kayu yang harganya mahal seperti jati, namun bagi anda yang mencari jenis kayu dengan harga lebih murah, kayu sungkai bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kayu sungkai memang menjadi bahan baku furniture yang banyak digunakan oleh kalangan menengah. Namun kualitas kayu sungkai tidak kalah dengan jenis kayu lainnya. Nah, buat kamu yang tertarik menggunakan kayu sungkai, kenali dulu barang-barangnya supaya tidak salah pilih. Yuk, simak ulasan Kania di bawah ini!

Asal muasal kayu Sungkai

Anda pasti penasaran, darimana asal kayu sungkai? Jenis kayu yang menyandang nama latin Peronema canescens Jack dan juga dikenal sebagai jati Sabrang ini berasal dari pohon Sungkai yang terdapat di Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Selatan dan Tengah serta di Kalimantan Tengah dan Tengah. Kalimantan Tengah terjadi. Sulawesi Selatan tersebar luas.

Ketinggian pohon sungkai bisa mencapai 20 hingga 30 meter. Sedangkan diameter batangnya bisa mencapai 60 sentimeter, bercirikan batang lurus dan lekukan serta ranting dangkal ditutupi rambut halus.

Sifat kayu sungkai

Ciri khas kayu Sungkai yang paling mencolok adalah tekstur permukaannya yang kasar, meski sudah diampelas. Kayu sungkai memiliki berat antara 0,50 dan 0,70 kilogram per meter kubik.

Untuk warnanya, kayu Sungkai bagian luar berwarna abu-abu muda atau coklat muda dan bagian tengah berwarna coklat muda. Sedangkan bagian tepinya lebih terang dari bagian tengah. Padahal, ujung-ujung kayu Sungkai awalnya berwarna putih, namun setelah dikeringkan menjadi kuning muda.

Penggunaan kayu Sungkai

Mengenai kegunaannya, kayu sungkai banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture rumah seperti kursi, meja, pintu dan lemari.

Namun karena kekuatannya yang bagus, kayu sungkai juga dapat digunakan sebagai rangka atap dan tiang rumah. Selain itu, kayu sungkai sering dibuat menjadi veneer yang digunakan untuk melapisi permukaan tripleks.

Kelebihan Kayu Sungkai

Meski memiliki permukaan yang kasar, namun serat kayu sungkai merupakan motif yang sangat indah dan cocok untuk furnitur bergaya minimalis dengan sentuhan natural. Nah, sebagai furnitur, kayu sungkai juga cukup kuat lho!

Manfaat lain dari kayu sungkai adalah penggunaannya yang mudah, sehingga menghemat waktu dan tenaga pengrajin dalam pembuatannya. Hal ini juga yang membuat Sungkai lebih terjangkau dibandingkan jenis kayu lain seperti mahoni atau jati.

Kekurangan Kayu Sungkai

Setiap benda memiliki kelebihan dan kekurangan seperti kayu sungkai. Kayu jenis ini tidak bisa digunakan sebagai furnitur taman seperti meja atau kursi teras. Ini karena kayu sungkai tidak tahan cuaca.

Kayu sungkai juga rentan terhadap serangan hama seperti rayap dan kutu bubuk. Oleh karena itu, furnitur kayu Sungkai perlu dirawat dengan obat atau cairan untuk mengendalikan hama kayu.

Selain itu, permukaan yang cenderung kasar juga menjadi kelemahan kayu Sungkai karena dapat mempengaruhi kenyamanan penggunanya. Namun Anda tidak perlu khawatir, hal tersebut bisa diatasi dengan mengaplikasikan lapisan khusus atau finishing pada permukaan furnitur kayu sungkai.

Sekarang Anda lebih mengenal kayu Sungkai, bukan? Melalui laporan Kania di atas, kami berharap Anda dapat berpikir dua kali sebelum menggunakan kayu sungkai sebagai furniture atau bahan bangunan.

By control