Pahami Penyebab Kolesterol Naik yang Sebaiknya Dihindari

Pola makan yang tidak tepat merupakan salah satu penyebab kolesterol naik. Maka dari itu kebanyakan orang akan mengurangi konsumsi makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi, bahkan makanan yang mengandung kolesterol sekalipun. Biasanya, inilah yang mereka lakukan untuk menurunkan kolesterol tubuh.

Padahal, selain pola makan, ada faktor lain yang dapat meningkatkan kolesterol. Faktor-faktor ini termasuk gaya hidup yang buruk atau kurangnya kebiasaan hidup yang baik. Dengan mengetahui penyebab meningkatnya kolesterol maka setiap orang akan lebih mudah memahami dan menghindari kolesterol.

Penyebab Meningkatknya Kolesterol

  1. Kebiasaan Merokok

Merokok meningkatkan risiko kanker dan menurunkan kesehatan paru-paru. Namun, selain itu, merokok juga meningkatkan kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida. Keduanya mampu membentuk plak di arteri dan menyebabkan aterosklerosis, di mana arteri tersumbat dan risiko serangan jantung dan stroke meningkat. Jika Anda adalah orang yang memiliki kebiasaan merokok, maka berhenti merokok adalah keputusan terbaik.

Pasalnya, selain meningkatkan kolesterol baik HDL (high-density lipoprotein) yang baik untuk menurunkan total kolesterol, berhenti merokok juga dapat meningkatkan kesehatan Anda dalam jangka pendek dan jangka panjang. Manfaat langsungnya yang dirasakan yaitu detak jantung dan tekanan darah yang stabil. Sedangkan manfaat jangka panjangnya adalah mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker paru-paru.

  1. Kurang Berolahraga

Olahraga dapat menurunkan kolesterol total dengan meningkatkan kolesterol HDL yang baik. Karena itu, jika Anda jarang berolahraga, hal ini mungkin menjadi penyebab peningkatan kolesterol jahat. Karena itu, usahakan untuk berolahraga 5 hari seminggu, 30 menit sehari. Anda juga bisa mencoba menggunakan peralatan yang ada untuk aktivitas sederhana seperti bersepeda, joging pagi atau senam.

  1. Cara Memasak yang Salah

Pola makan seimbang mengacu pada nutrisi dan makanan yang Anda konsumsi dalam tubuh Anda. Namun, jika Anda sudah menjaga kebiasaan makan dan ingin mencari cara lain untuk menurunkan kolesterol, Anda juga bisa melakukan beberapa perubahan pada cara pengolahan bahan makanan yang biasa dilakukan.

Anda dapat membuang lemak pada daging untuk hindari lemak jenuh, menggodok atau memanggang untuk penggunaan minyak dengan lemak jahat, gunakan rak di bawah daging untuk menyaring lemak saat memanggang, dan potong kulit ayam sebelum mengolahnya

  1. Kurang Tidur

Kebiasaan begadang dan kurang tidur mungkin menjadi penyebab peningkatan kolesterol. Kurang tidur dapat meningkatkan faktor-faktor penyebab penyakit jantung, termasuk peningkatan kolesterol total dan trigliserida, yang keduanya dapat menyebabkan penyumbatan arteri (aterosklerosis). Jadi meskipun Anda sibuk, usahakan untuk cukup tidur. Orang dewasa berusia 18-64 tahun biasanya membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur setiap malam.

Turunkan Kolesterol Dengan Acticor

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari kolesterol hindari semua kebiasaan buruk tersebut yang telah disebutkan. Singkatnya, meski pola makan memainkan peran penting dalam menurunkan kolesterol, kebiasaan sehat lainnya perlu dilakukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Pahami penyebab kolesterol naik dan juga minum Nestlé ACTICOR 2 kali setiap hari setelah makan untuk membantu menurunkan kolesterol. Terdapat 4 varian Nestlé ACTICOR yaitu banana, avocado, green tea latte dan chocolate yang semuanya mengandung dua serat larut inulin dari akar sawi putih dan β-glukan dari oat yang dapat menurunkan kolesterol LDL.

By control