Kemajuan teknologi saat ini memudahkan siapa saja untuk melakukan berbagai hal, termasuk mengedit gambar atau foto.

Kalau soal pengeditan gambar sangat erat kaitannya dengan Photoshop, Yup, yang tidak tahu apa-apa tentang software editor ini.

Photoshop memungkinkan siapa saja untuk mengedit gambar atau foto mereka agar lebih indah dan menarik. Mungkin ada sebagian dari kamu yang belum paham dengan Photoshop. Untuk informasi lebih lanjut tentang apa arti Adobe Photoshop, simak ulasan berikut ini.

Memahami Arti Adobe Photoshop

Adobe Photoshop, atau lebih dikenal dengan Photoshop, adalah software pengedit gambar dari Adobe Systems yang didedikasikan untuk mengedit foto atau gambar dan membuat efek.

Phostoshop banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan periklanan dan dianggap sebagai pemimpin pasar dalam perangkat lunak pengolah gambar. Selain Adobe Acrobat, Photoshop juga merupakan produk produksi terbaik dari Adobe Systems.

Photoshop CS (Creative Suite) adalah versi kedelapan dari Adobe Photoshop, Adobe Photoshop CS2 adalah versi kesembilan, Adobe Photoshop CS3 adalah versi kesepuluh, Adobe Photoshop CS4 adalah versi kesebelas, versi kedua belas adalah Adobe Photoshop CS5, versi (ketiga belas ) adalah Adobe Photoshop CS6 dan versi terbaru adalah versi (keempat belas) dari Adobe Photoshop CS7 dan akan dilanjutkan dengan versi berikutnya.

Apa itu Photoshop? Photoshop adalah aplikasi perangkat lunak yang diterbitkan oleh Adobe Systems untuk program pengeditan foto atau gambar, yang dengannya foto atau gambar tersebut diedit dan efek atau yang disebut gaya lapisan dibuat. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan periklanan.

Photoshop tidak hanya memiliki fitur yang mudah dimengerti, tetapi juga memiliki beberapa fitur hebat yang bekerja secara optimal dan dapat mendukung banyak file juga. Bagi seorang desainer grafis, ini merupakan salah satu prasyarat untuk memasuki dunia desain grafis Photoshop dengan segala kemudahan yang sangat cocok untuk seorang desainer grafis.

Photoshop berspesialisasi dalam perangkat lunak untuk mengedit gambar dalam format BITMAP. Foto merupakan salah satu gambar berformat BITMAP, sehingga Photoshop banyak digunakan oleh para fotografer.

Saat ini, Photoshop merupakan software terbaik dibandingkan software sejenis. Dapat dikatakan bahwa itu hampir tak tertandingi. Format file photoshop dapat membaca dan menulis gambar dalam format raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lainnya.

Sejarah Adobe Photoshop

Keberadaan Adobe Photoshop merupakan latar dari sejarah yang panjang. Berdasarkan profesor tiri Michigan (AS) bernama Glenn Knol. Glenn Knol bereksperimen untuk memproses foto secara digital dengan alat sederhana. Berhasil. Cita-cita dan harapan Glenn Knol akan program pengolahan citra digital dibawa oleh putra-putranya John Knoll dan Homas Knoll. Akhirnya, kedua putra Glenn Knol berhasil membuat program aplikasi sederhana sampai sebuah perusahaan bernama Image Scan memberikan lisensi.

Tak lama kemudian, penemuan ini kemudian diadopsi oleh Adobe Corporation dan diberi nama Adobe Photoshop. Photoshop versi terbaru adalah CS5 atau yang lebih dikenal dengan Adobe Photoshop CS5 (Creative Suite). Padahal, awalnya Photoshop hanya ditujukan untuk pengolah gambar (fotografi).

Berkat kerja keras Thomas Knoll dan timnya, akhirnya mereka mampu mengembangkan Adobe Photoshop dengan fitur-fitur unggulan seperti web design (Image Ready), publishing (Photoshop), animasi (Image Ready), digital painting (Photoshop) dan lain-lain. Desainer web atau desainer grafis cenderung lebih sering menggunakan Photoshop untuk pekerjaan mereka karena lebih mudah digunakan, memiliki warna cerah, mendukung plug-in pihak ketiga, dan juga memiliki keluaran yang fantastis.

Lagi butuh jasa konsultan it kuningan? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut ya!.