Karena kebiasaan merusak bangunan rumah, rayap dianggap sebagai salah satu hama yang paling dibenci oleh banyak pemilik rumah.

Seperti kebanyakan hama, rayap memiliki banyak spesies – karena ada sekitar 2.750 spesies rayap di seluruh dunia. Akan tetapi, hanya sedikit spesies rayap yang dianggap “hama” karena tidak semua jenis rayap berinteraksi langsung atau merugikan manusia.

Di Indonesia, rayap dikenal sebagai hama yang sangat menakutkan bagi pemilik rumah. Sebagai pengurai alami kayu dan daun, tanaman ini banyak ditemukan di kota-kota seperti Jakarta, Cikarang dan Tangerang.

Hal ini umumnya karena kota-kota tersebut kini telah menjadi kawasan padat penduduk yang dulunya merupakan kawasan hutan atau rawa (tempat populer bagi rayap).

Dua jenis rayap yang paling sering merusak konstruksi rumah adalah rayap kayu kering dan rayap tanah. Apa perbedaan antara kedua jenis rayap ini?

Rayap kayu kering

Rayap kayu kering banyak ditemukan di daerah pesisir dan daerah lembab lainnya. Salah satu alasan mereka tinggal di daerah dengan kelembaban tinggi adalah karena mereka mendapatkan air dari kayu.

Koloni rayap kering biasanya jauh lebih kecil daripada koloni rayap bawah tanah karena mereka hidup seluruhnya dari kayu yang mereka makan. Tentunya, kebiasaan mereka membuat rayap jenis ini lebih sulit ditemukan dibandingkan rayap tanah.

Rayap kayu kering hidup di atas kayu keras dan lunak. Mereka makan sepanjang dan melintasi biji-bijian dan kayu, sehingga galeri kayunya terlihat berbeda dari rayap tanah.

Di mana rayap kayu kering hidup?

Perbedaan paling mencolok antara kayu kering dan rayap bawah tanah adalah kandang yang mereka pilih.

Jika merujuk pada nama rayap jenis ini, rayap kayu kering memilih membangun sarang dan hidup dalam struktur kayu.

Gejala Serangan Rayap Kayu Kering

Gejala serangan rayap kayu kering yang paling terlihat adalah munculnya frass.

Makanan adalah kotoran atau kotoran rayap. Tidak seperti rayap tanah, yang membangun sarang dan terowongan dari kotorannya untuk mencari makanan, rayap kayu kering tidak membuat terowongan karena mereka hanya menggali kayu yang mereka konsumsi.

Mereka membuang kotoran mereka dengan mengebor lubang kecil di kayu dan mendorongnya keluar rumah.

Selain itu, gejala serangan rayap kayu kering yang terjadi di rumah tangga antara lain ditemukannya busa yang menumpuk di lantai atau pada permukaan datar di bawah kayu tempat mereka tinggal.

Kotoran kayu thermitic kering ini sering terlihat seperti serbuk gergaji dari kejauhan, tetapi jika diamati lebih dekat, kotoran rayap kayu kering berbutir dan seringkali memiliki warna yang berbeda.

Rayap tanah

Seperti yang diketahui banyak orang, rayap bawah tanah adalah jenis rayap yang paling umum karena kemampuannya untuk merusak struktur di seluruh dunia.

Dibandingkan dengan rayap kayu kering, rayap tanah memakan kayu jenis konifera dan cenderung bersembunyi di lapisan dan di sepanjang permukaan kayu yang mereka konsumsi.

Seperti apa rupa rayap bawah tanah?

Sekilas, rayap kayu kering dan rayap pekerja bawah tanah terlihat serupa. Pada kotak Warriors dan Alate (rayap terbang), biasanya mereka terlihat berbeda.

Rayap prajurit memiliki kepala besar berwarna coklat kekuningan, sedangkan alates biasanya berwarna coklat tua atau hitam.

Di mana rayap bawah tanah hidup?

Berbeda dengan rayap kayu kering, seperti namanya, rayap tanah suka hidup di dalam tanah. Ini karena spesies rayap ini membutuhkan sumber kelembapan agar bisa bertahan hidup.

Mereka membutuhkan koneksi ground-to-earth melalui saluran pembuangan dan terowongan air liur.

Mereka selalu menjaga kelembapan sarang dan terowongan mereka agar rayap tanah dapat bertahan hidup, dan mereka mencari bahan untuk membangun terowongan dan sarang. Jika ada cukup air, mereka bisa membuat sarang di tanah.

Gejala serangan rayap bawah tanah

Preferensi dan kebutuhan mereka akan lingkungan dengan kelembaban tinggi memberi kita kunci gejala serangan rayap bawah tanah melalui selang lumpur yang mereka buat!

Rayap tanah menggunakan tabung lumpur untuk bergerak dari tanah ke atas untuk mencari makanan. Selang kotoran Anda digunakan untuk menjaga lingkungannya tetap lembab dan untuk melindungi mereka dari predator.

Lagi butuh jasa anti rayap semarang? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.

Pipa lumpur rayap bawah tanah terbuat dari campuran tanah, kayu, air liur, dan kotoran. Warnanya coklat tua dan terletak di sepanjang pondasi properti tempat rayap menyerang bangunan dari tanah di sekitarnya, serta di sepanjang sambungan lantai bangunan.