Perbedaan Kopi Hijau dan Kopi Hitam

Kopi hijau atau green coffee saat ini semakin populer di kalangan pecinta kopi di dunia. Perbedaan utama antara kopi jenis ini dan kopi biasa adalah pengolahan biji kopi mempengaruhi kandungan dan aroma kopi hijau. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum begitu mengetahui asal muasal kopi ini.

Asal Kopi Hijau

Anda pasti pernah mendengar tentang biji kopi Arabika dan Robusta, bahkan sangat mengerti perbedaan keduanya. Biji kopi hijau sendiri berbeda dengan kedua jenis biji kopi tersebut. Padahal, kopi ini sebenarnya bisa berasal dari kopi Arabika, Robusta atau jenis kopi lainnya.

Perbedaan green coffee terletak pada proses pengolahannya. Seperti biji kopi lainnya, green coffee berasal dari pemetikan buah, pemisahan buah dari biji kopi, dan berbagai proses lainnya untuk menjamin kualitas biji kopi. Namun setelah rangkaian proses tersebut di atas, biji kopi tidak akan melalui proses pemanggangan terlebih dahulu, melainkan langsung dikeringkan dan siap untuk dijual.

Pengaruh Proses Pemanggangan

Umumnya biji kopi dipanggang untuk menghasilkan cita rasa yang anda rasakan selama ini. Selama proses pemanggangan, ratusan senyawa diolah untuk menghasilkan aroma dan rasa kopi yang kita kenal selama ini. Singkatnya, jika cara memanggang, durasi atau suhu berbeda, rasa kopi juga akan berbeda.

Kopi hijau tidak melalui proses ini sama sekali. Ini berarti dengan sengaja membiarkan jenis kopi ini pada rasa dan aroma biji kopi yang alami atau belum berkembang. Wajar jika banyak yang bilang kalau rasa kopi ini lebih ringan dari kopi biasa.

Alasan Mengapa Kopi Hijau Tidak Dipanggang

Pada titik ini, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kopi hijau tidak disangrai seperti kopi pada umumnya. Jawabannya bergantung pada selera masing-masing. Sebagian orang menyukainya karena aromanya yang khas dan rasanya yang alami. Beberapa orang beranggapan bahwa kopi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Melalui proses pemanggangan, ternyata beberapa kandungan alami dalam biji kopi hilang. Salah satu komponen pentingnya adalah asam klorogenat. Kopi hijau aman dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

Pada dasarnya yang membedakan kopi jenis ini dengan kopi biasa terletak pada proses pengolahannya. Kopi jenis ini sengaja melewati proses pemanggangan untuk menjaga berbagai kandungannya termasuk asam klorogenat. Hal inilah yang juga membuat rasa kopi hijau dan kopi hitam berbeda.

Selain itu, seperti yang disebutkan sebelumnya, proses yang berbeda juga menghadirkan cita rasa yang unik pada kopi hijau. Jika penasaran, kini Anda bisa langsung menikmati nikmatnya kopi hijau dengan setiap takaran NESCAFÉ Green Blend yang pas. Produk ini menyediakan campuran ekstrak kopi bubuk, krimer, gula, dan kopi hijau di setiap kemasannya.

By control