Redmi Note 9 Pro merupakan smartphone mid-range terbaru dari Xiaomi yang diluncurkan di Indonesia. Smartphone ini sendiri menawarkan spesifikasi dan fungsi hardware yang canggih.

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan chipset MediaTek Helio, kali ini Xiaomi mempercayakan Qualcomm Snapdragon sebagai landasan pacu Redmi Note 9 Pro.

Dukungan baterai dengan kapasitas besar dan fungsi quick charge menjadi nilai tambah bagi Redmi Note 9 Pro. Sedangkan dukungan empat kamera belakang masih disematkan pada smartphone terbaru ini. Namun, resolusi kamera makro lebih tinggi dari pada Redmi Note 8 Pro.

Bisakah fungsi dari Xiaomi Redmi Note 9 Pro bersaing dengan smartphone dari pabrikan lain di Indonesia? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasan di artikel review kali ini.

Mengikuti tren saat ini, Redmi Note 9 Pro memiliki mode layar penuh dengan lubang di bagian tengah atas. Sementara bezel kiri, kanan, dan atas bisa dibuat kecil berkat adanya lubang untuk menyimpan kamera depan, bezel lebar di atas tidak diperlukan.

Berkat layar lebar 6,67 inci dan resolusi Full HD + (2400 x 1080 piksel), saya merasa bahwa game yang dimainkan dan video yang ditonton mencakup area yang luas. Berkat teknologi IPS-LCD, saya dapat menampilkan konten hingga 178 derajat di layar.

Redmi Note 9 Pro juga memiliki fungsi mode baca yang dirancang untuk mengurangi radiasi cahaya biru yang dihasilkan oleh layar. Sedangkan Corning Gorilla Glass 5 yang hadir pada perangkat ini mampu meminimalisir terjadinya goresan pada layar.

Meski layarnya tidak menggunakan teknologi AMOLED, namun Xiaomi telah memasang sensor sidik jari pada Redmi Note 9 Pro agar tidak terlihat di bagian depan maupun belakang. Sensor ini ada di sebelah kanan untuk menentukan sakelar daya.

Tak hanya menambah nilai estetika, Xiaomi juga mengklaim pengguna Redmi Note 9 Pro bisa dengan mudah mengakses lokasi sensor sidik jari karena berada di tombol power yang sering digunakan. Secara pribadi, menurut saya sensor ini dapat bereaksi cepat terhadap sidik jari dan membuka kunci layar secara instan.

Redmi Note 9 Pro hampir mirip dengan smartphone Xiaomi saat ini dan memungkinkan pendaftaran hingga lima sidik jari berbeda pada sensor sidik jari. Dan jangan lupa, smartphone ini juga memiliki fitur face unlock yang memungkinkan saya menggunakan wajah saya untuk membuka kunci layar.

Saat saya menggunakannya, Face Unlock mendeteksi dan memindai wajah saya bahkan dalam kondisi cahaya redup atau gelap, karena kecerahan layar pada smartphone meningkat secara otomatis. Hanya satu wajah yang dapat didaftarkan dalam fungsi ini.

Di samping tombol daya adalah tombol volume di sebelah kanan. Di sebelah kiri adalah tempat SIM, yang terdiri dari dua slot kartu SIM dan satu slot microSD. Terdapat sensor infra merah di bagian atas Redmi Note 9 Pro yang bisa digunakan untuk mengontrol perangkat elektronik rumah seperti remote control.

Sebaliknya, bodinya dilapisi Corning Gorilla Glass 5 dan dibalut Insterstellar Grey (ada pilihan warna lain terdiri dari Tropical Green dan Glacier White) yang glossy. Meskipun tertulis abu-abu di dalamnya, saya dapat melihat bahwa warna Redmi Note 9 Pro yang saya gunakan agak biru.

Saya sendiri masih menyukai warna-warna yang bersinar saat terkena pantulan cahaya. Sayangnya, bagian belakang smartphone ini mudah kotor oleh sidik jari atau debu. Untuk keperluan ini, saya anjurkan agar Anda segera menutup bodi belakang dengan soft case yang disertakan dalam paket penjualan.

Di bagian belakang terdapat empat kamera lagi yang tersusun dalam matriks 2×2 dengan konfigurasi kamera utama 64 MP, kamera sekunder 2 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 5 MP. Secara default, kamera utama membuat foto dengan resolusi 16 MP berkat teknologi 4-in-1 pixel binning.

Namun, jika ingin mengambil foto dengan resolusi yang lebih tinggi, Anda bisa mengaktifkan fitur 64MP di aplikasi kamera bawaan. Detail foto beresolusi 64MP ini lebih baik dari 16MP.

Ini bisa dilihat saat saya melakukan crop pada bagian yang sama di antara kedua foto. Terlihat bahwa foto yang di-crop masih terlihat jelas dengan resolusi 64 MP dibandingkan 16 MP.

Artikel ini dipersembahkan untuk tekno farm dengan url resminya teknofarm.net, terima kasih sudah membaca artikel ini.