Rumah merupakan kebutuhan utama setiap orang, baik yang masih lajang maupun yang telah menikah. Keberadaan rumah tidak hanya sebagai tempat berkumpul dan berteduh, tetapi juga dapat memperkuat status sosial seseorang. Tak heran jika banyak orang yang memperjuangkan rumah impiannya saat ini.

Nyatanya, ada banyak cara agar Anda bisa memiliki rumah impian. Salah satunya dengan menggunakan fitur KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) bank. Namun, sebelum mengajukan aplikasi ke bank, pemohon juga harus merinci beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah slip gaji atau pernyataan status karyawan tetap perusahaan.

Pertanyaannya sekarang adalah: bagaimana dengan mereka yang berprofesi sebagai pengusaha, seperti pemilik toko, percetakan, atau pemilik restoran, yang tidak memiliki slip gaji dan tidak memiliki penghasilan tetap? Bisakah Anda juga mengajukan KPR dari bank?

Bagi yang berprofesi sebagai pengusaha, ternyata bisa juga mengajukan KPR ke bank, namun persyaratannya berbeda dengan yang berstatus pegawai tetap. Nah, berikut ini beberapa syarat pengajuan KPR bagi Pengusaha.

Persyaratan izin usaha

Anda harus memiliki persyaratan untuk izin usaha atau SIUP, transaksi bisnis, laporan bisnis, daftar pemasok, dan data laba bersih setidaknya dua kali tarif yang diusulkan. Misalnya, jika Anda ingin mengajukan KPR atas rumah senilai Rp 350 juta dengan tarif bulanan Rp 2 juta, maka penghasilan bersih bulanan Anda harus dua kali lipat cicilan bulanan Rp4 juta.

Persyaratan administrasi

Anda juga harus memasukkan berbagai persyaratan administratif seperti: Misal: B.Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah (jika sudah menikah) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Persyaratan rumah

Syarat rumah yang ingin mengajukan KPR bagi Pengusaha harus memiliki Surat Keterangan Milik (SHM) sebagai jaminan bagi bank. Dilanjutkan dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan pintu depan rumah juga bisa dicapai dengan mobil.

Apakah Anda butuh jasa kontraktor rumah? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut, hasilnya sangat profesional & puas dengan layanannya.