Men – desain rumah yang nyaman dan sehat tidak harus berlebihan atau berlebihan. Dengan mengetahui kebutuhan Anda sendiri dan beberapa kriteria rumah yang sehat dan nyaman, Anda benar-benar dapat memiliki rumah yang nyaman dan sehat.

Setiap orang harus memiliki “gambar arsitektur” mereka sendiri. Gambaran ini merupakan rumah idaman yang akan menjadi kenyataan ketika suatu saat rumah dibangun. Terlepas dari bentuk fotonya, semua orang menginginkan rumah yang rapi, indah dipandang, nyaman untuk ditinggali dan di mana penghuninya betah.

Rapi, rapi, bersih, asri dan nyaman sebenarnya adalah bagian dari kriteria umum rumah sehat. Jika ingin diculik, harus ada syarat yang cukup agar rumah bisa dianggap sehat. Semoga bisa Anda terapkan pada rumah idaman Anda. Yang terpenting adalah mengikuti beberapa prinsip dasar.

Menurut Imelda Akmal, dalam bukunya The Small Rumah Sehal, rumah sehat dapat dilihat dari dua kategori yaitu fisiologis dan mental.

Rumah harus mampu melindunginya secara fisik dari panas, hujan, dan gangguan cuaca lainnya. Rumah pertemuan harus kuat, bahan bangunannya aman dan berkualitas karena memberikan perlindungan. Dengan berkembangnya teknologi bangunan rumah dan kesadaran akan bahaya bahan kimia atau material yang terkandung dalam material rumah, semakin banyak material yang tidak lagi direkomendasikan sebagai material bangunan.

Asbes dan cat rumah tidak ramah lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan dan perlahan-lahan kehilangan minat. Begitu juga dengan bahan yang mudah terbakar. Ya, jika ada bahan yang lebih bersahabat, mengapa membahayakan kesehatan Anda dengan zat berbahaya?

Sedangkan menurut Ir. Warsoadhi Dhonomi-joyo, konsultan di sebuah kantor arsitektur di Bandung, di negara tropis seperti Indonesia, tugas rumah sebagai pelindung dari iklim tidak sesulit “tugas” rumah di negara dengan empat musim. Di sana bangunan itu harus tahan terhadap hawa dingin atau badai musim dingin.

Di Indonesia saja sudah cukup jika rumah Anda bisa terlindung dari hujan dan sinar matahari. Memang, penghuni rumah harus memanfaatkan sepenuhnya cuaca di iklim tropis. Misalnya, gunakan sinar matahari di rumah pada siang hari sepanjang tahun. Atau gunakan angin sepoi-sepoi dengan pengaturan ventilasi.

Berkat pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, rumah Anda tidak hanya akan lebih sehat, tetapi Anda juga akan menghemat listrik. Konsumsi energi yang efisien dan penggunaan material yang ramah lingkungan kini banyak digunakan sebagai kriteria penting untuk menciptakan rumah yang sehat dan nyaman.

Begitu pula dengan keunggulan tanaman tropis yang tidak terganggu oleh pergantian musim. Anda bisa dengan leluasa menghijaukan suasana rumah Anda. Rumah pasti akan lebih sehat jika ada taman atau jalan setapak yang hijau. Meski dengan space yang sempit, biarkan space yang sempit membuat rumah terasa hijau dan asri.

Selain itu, rumah yang sehat tidak bisa berdiri sendiri. “Ia juga harus berada di lingkungan yang sehat,” kata Warsoadhi. Sekalipun Anda telah membangun rumah dengan kriteria sedekat mungkin dengan rumah sehat, ada kalanya orang-orang di sekitar Anda kurang mendukung.

Misalnya, tidak ada taman yang ruwet, saluran air mampet atau rumah dengan bengkel motor di kanan / kiri. Gangguan kebisingan, pelumas kotor, dan sistem pembuangan limbah kerja yang tidak teratur juga dapat memengaruhi lingkungan, termasuk rumah Anda. Belum lagi bahaya benda yang mudah terbakar di rumah Anda.

Ini hanyalah contoh ekstrim. Tapi itu bukan tidak mungkin bagi Anda. Lingkungan rumah tentunya bukan tempat usaha, apalagi yang berbahaya bagi lingkungan alam, seperti bengkel, tempat cuci mobil, toko furniture, peternakan, atau mesin percetakan dan percetakan.

Bicaralah dengan layanan publik atau pejabat masyarakat setempat tentang hal itu untuk menemukan solusi yang sama-sama menguntungkan. Untuk memastikan kenyamanan dan kesehatan bersama, lho.

Selain bugar secara fisik. Rumah tersebut juga harus memiliki kriteria kesehatan mental penghuninya. Menurut Roslina Vcrauli, M.Psi., Psikolog dari Empathy Development Center, rumah yang sehat juga harus memiliki tingkat kebisingan yang rendah.

Source: https://avantela.com/home.